7 Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan benar serta perawatannya


cara menjaga kesehatan gigi dengan benar


Cara menjaga kesehatan gigi dengan benar dan perwatannya ~ Gigi merupakan salah satu bagian yang terpenting untuk memotong, merobek, dan mengunyah makanan.maka sudah seharusnya untuk menjaga kesehatan gigi agar gigi terlihat bersih, putih dan kuat untuk menjaga fungsi dari gigi itu sendiri. Bila gigi sudah rusak atau berlubang maka berarti banyaknya kotoran dan kuman yang terdapat pada gigi.

Kotoran dan kuman yang terdapat pada gigi biasanya ditimbulkan dari sisa-sisa makanan yang menghuni celah-celah gigi. Keadaan ini jangan dibiarkan terlalu lama karena dapat menyebabkan gigi rusak. untuk mengatasi hal ini gunakanlah dental floss (benang gigi) dari pada menggunakan tusuk gigi karena penggunaan tusuk gigi memungkinkan terjadinya pergeseran gigi dan melukai gusi sehingga membuat gusi berdarah dan infeksi.

Selain dari fungsi gigi itu untuk memotong,merobek dan mengunyah gigi juga merupakan bagian terpenting dalam senyum seseorang maka dari itu penting untuk menjaga kesehatan gigi dengan benar dan perawatannya agar tetap terlihat putih, bersih dan tersusun rapi. namun bagaimana cara untuk menjaga kesehatan gigi dengan benar dan perawatannya. berikut penjelasannya  di bawah ini :

Adapun cara menjaga kesehatan gigi dengan benar dan perawatannya :

1. Waktu yang tepat untuk menyikat gigi

Waktu yang tepat untuk menyikat gigi ketika pagi sesudah sarapan dan sebelum tidur karena pada saat tidur tidak ada produksi ludah , akibatnya jika ada sisa makanan akan membuat bakteri dan kuman aktif sisa makanan yang mengandung asam dan gula akan melemahkan enamel gigi dan meningkatkan resiko gigi berlubang

2. Berkumur dengan moutwash

Sesudah menyikat gigi sebaiknya berkumur dengan moutwash yang mengandung antiseptik ini berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan melindungi gigi dari plak. untuk mulut yang mengalami masalah sebaiknya gunakanlah moutwas yang ada antibiotiknya.

3. Kunyah permen karet

Permen karet ternyata mampu membersihkan sisa makanan dan plak pada gigi mengunyah permen itu akan menyebakan bau mulut berkurang dan terhindar dari mulut kering karena ketika bila mengunyah permen karet akan merangsang peningkatan produksi saliva.

4. Batasi konsumsi gula dan asam

Batasi konsumsi gula dan asam yang terdapat pada makanan yang mengandung gula seperti permen, cokelat dan soft drink karena karbohidrat yang ada pada makanan dan minuman yang mengandung gula dan asam sangat disukai bakteri. Bakteri akan membuat plak yang akan mengubah gula menjadi asam. Asam dapat mengikis enamel gigi dan membuat gigi berlubang

5. Batasi wine,kopi dan teh

Kandungan tanin yang terdapat pada wine, kopi dan teh mengubah warna lapisan luar gigi atau enamel minuman wine,kopi dan teh bisa merubah warna gigi. Noda akan mudah terbentuk pada permukaan gigi yang kasar yang disebabkan karena plak atau anatomi gigi yang tidak rata. Pencegahannya adalah minum menggunakan sedotan dan batasi konsumsi sebanyak 1-2 cangkir sehari.

6. Tidak merokok

Pada saat menghisap rokok, asap rokok dan jutaan zat kimia lain yang terdapat pada sebatang rokok akan masuk dalam mulut dan memengaruhi jaringan dan organ yang ada dalam mulut, termasuk gigi.
Asap panas rokok juga akan mengurangi produksi ludah yang menyebabkan bau mulut, menyebabkan mulut menjadi kering dan menjadikan kondisi mulut menjadi tempat yang nyaman untuk berkembangbiaknya bakteri.

Efek lain dari merokok yaitu:
Perubahan warna gusi, gigi dan bibir menjadi lebih gelap
Karies gigi mudah terbentukMeningkatkan risiko kanker mulut
Mulut jadi beraroma rokok

7. Periksakan gigi

Sakit atau tidak, sebaiknya Anda rutin mengunjungi dokter gigi 6 bulan sekali. Tujuannya adalah untuk memeriksa kesehatan gigi dan mulut. Jika tidak ada masalah, Anda dapat membersihkan karang gigi.

Sekian penjelasan dari saya untuk masalah bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dengan benar dan perawatannya semmoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

baca juga: cara menyikat gigi dengan benar

Demikian penjelasan 7 Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan benar serta perawatannya semoga artikel ini bermanfaat

Bantu share untuk membagikan artikel ini agar bermanfaat juga untuk yang lain..

0 Response to "7 Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan benar serta perawatannya"

Posting Komentar